Recent Content

Kiat sederhana memulai usaha

Seringkali terjadi kegagalan dalam memulai usaha. Hal ini banyak terjadi karena kebanyakan orang hanya bermodal semangat yang terlalu menggebu atau istilahnya "hangat hangat ta..(sensor) ayam".

Tidak hanya semangat dan tekad yang kuat saja, dibutuhkan juga hal mendukung lainnya. Sesuai pengalaman orang-orang yang sudah berhasil memulai usaha, berikut ini kiat sederhana dalam memulai sebuah usaha :


1. Ide Usaha

"Mau buat usaha apa?" itu adalah pertanyaan awal yang harus dituntaskan dengan baik. Temukan ide usaha dalam bidang yang unik atau ide usaha yang berkaitan dengan kemampuan si calon wirausaha (ini adalah pilihan utama : disarankan). selain itu, dapat juga mengambil ide usaha yang sesuai dengan trend (diminati banyak orang - viral).

Dari tiga karakter usaha di atas, dibutuhkan kajian sederhana untuk menentukannya. Dimulai dari pasar yang mau dituju (gender, usia, dewasa atau remaja dan lainnya) hingga kendala apa saja yang akan dihadapi. Ide usaha ini akan menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha. Maka jangan terburu-buru dalam menentukan sebuah ide usaha. Jangan hanya karena melihat suatu usaha tertentu BERHASIL, kita langsung tergiur untuk mengikutinya.


2. Rencana

Jika telah "matang" dalam menentukan ide usaha (melalui pertimbangan yang tersebut diatas) maka lakukan sebuah perencanaan yang berkaitan dengan produk (material, harga dan lainnya), lokasi usaha dan layanan yang mendukung usaha tersebut (customer service, delivery dan lainnya).


3. Bertindak (Action)

Berikutnya adalah melakukan semua daftar yang ada pada perencanaan yang telah dibuat. Lakukan dengan berurutan dan teratur (sistematis). Dalam setiap usaha, kendala/masalah adalah hal yang wajib dihadapi. Maka dari itu perencanaan yang baik akan selalu mempersiapkan "rencana tambahan" jika rencana utama tidak berhasil (membuat plan B, plan C dan seterusnya)

Demikian informasi mengenai kiat sederhana memulai bisnis. Semoga dapat menjadi pencerahan bagi para pembaca / calon wirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yudi The Syper Designed by Templateism | Blogger Templates | Copyright ©

Yudi The Syper | 2003 -

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.